Kebudayaan penajam

KEBUDAYAAN DI PENAJAM PASER UTARA

  1. Kebudayaan dan cara pengobatan suku paser pada zaman dulu.Suku Paser banyak di temui di daerah Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).
   Suku Paser sendiri terdiri dari 2 kawasan suku, seperti Paser Pematang di daerah Sadurangas / Benuo, Seratai ; Paser Telake di daerah Olong Telake, Longkali, Pinang Jatus, Olong Gelang, Pias, dll ; Paser Hadang di daerah Hadang ; Paser Modang di daerah Modang ; Paser Migi ; Paser Mayang ; Paser Balik yang merupakan penduduk asli Balikpapan.
Saya sendiri merupakan Paser Telake & Pematang dari pihak Bapak dan Paser Pematang / Benuo dari pihak Ibu.
Kebudayaan Paser sendiri bercampur dengan kebudayaan kesultanan, karena dulunya ada Kesultanan Paser yang berpusat di Sadurangas/Benuo/ Belengkong di daerah Sungai Kandilo.
Menurut Sempuri (cerita rakyat Paser), Islam masuk ke Paser sekitar thn 100 an Hijriah dibawa oleh Tuan Guru dari Yaman.
Menurut Sempuri, sejarah tua Paser bersal dari kehidupan purba di sungai Telake, dengan tokoh – tokoh nya Datu’, Nalau dan Ayus. Nah dari orang – orang ini konon menurunkan suku-suku Paser, Kutai, Dayak.
Juga menurut Sempuri, Kerajaan Tua Paser dengan Rajanya Tuo Ono’ terdapat di daerah sungai Telake.
Setelah Islam masuk berdiri Kesultanan Paser dengan raja nya yg pertama seorang perempuan yang di sebut Putri Botung / Petung, yang semula berpusat di Lempesu, lalu pindah ke Benuo.
Klo dari suku Paser, adat – adat yang mirip dengan dayak seperti :
– Belian: ritual utk peyembuhan massal yang dilakukan oleh seorang atau sepasang Mulung (orang yang melakukan Belian)
– Besipung: semacam opera atau sandiwara ghaib, yg di adakan di dalam Lou Olai (Rumah besar) yang gelap, dimana seorang tetua adat memanggil roh – roh orang – orang dulu yang merupakan pelaku sejarah sehingga terjadilah sandiwara yang dapat di dengar oleh orang yg hadir.

2. Ragam suku di penajam

   Ragam suku yang ada di penajam paser utara tidak hanya suku asli PASER yang ada dikabupaten Penajam Paser Utara,yang dimana setiap rajanya dan juga keturunannya bergelar Aji, dan gelar ini terus disandang oleh setiap keturunannya hingga sekarang. ada berbagai suku yang ada di PPU diantaranya .
suku banjar, kutai, dayak,jawa, bugis, padang, suku bajau, mandar, makasar, sunda,toraja, tator, dll.
   Ragam suku dan budaya yang beragam di penajam, sehingga berwarna, masyarakatnyapun beraneka ragam, dan perkembagan budayanya menjadi semakin banyak, masyarakat asli yang dapat menerima dengan baik dengan budaya baru yang masuk di penajam mengakibatkan perkembangan budaya yang pesat, dalam melestarikan budaya / kirab budaya, pesta adat,tetapi suku paser juga melihat atau menjaga – jaga suku pendatang yang mau menguasai daerah Paser
3. Hubungan antara suku dayak dan paser di Penajam Paser Utara
   Pada intinya suku dayak dan suku paser masih memiliki hubungan saudara yang sangat dekat. Penduduk asli dari Kabupaten Penajam Paser Utara adalah Suku Dayak Paser. Namun hingga saat ini Suku Dayak Paser seolah-olah menjadi suku minoritas karena mereka bermukim di pelosok-pelosok dan pedalaman. Seni dan budaya Kabupaten Penajam Paser Utara pun tidak terlepas dari kebudayaan suku Dayak Paser.
sumber 
Kebudayaan penajam Kebudayaan penajam Reviewed by Unknown on 07.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.